KULINER : JAJANAN / SNACK DALAM DRAMA KOREA


Hai, Hai, Hai~~



kali ini saya akan membahas beberapa snack atau makanan ringan yang sering kita jumpai di drama - drama korea, termasuk K-Drama apa saja yang pernah saya lihat.
Silahkan dibaca yaa^-^



1. Odeng/ Eomuk
 
Siapa yang pernah menonton drama korea Boys Before Flower pastinya tau jajanan yang biasa dijual dipingir jalan ini deh. odeng atau eomuk atau fish cake terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan tepung terigu serta bumbu - bumbu, mirip seperti bakso ikan di Indonesia. Odeng memiliki macam - macam bentuk ada yang panjang seperti sosis, pipih, dilipat - lipat ada juga yang dibulatkan kecil kecil. odeng nikmat disantap bersama kaldu panasnya.

2. Mandu
Buat yang pernah nonton drama Brilliant Legacy pernah liatkan pemeran wanitanya jualan Mandu di pinggir jalan? Nah camilan mandu ini mirip pangsit di Indonesia, tapi lebih mirip dengan pangsit China. Isinya pun beragam, mulai dari kacang merah, daging, hingga mie. Disajikan bisa dengan digoreng atau dikukus.


3. Tokkebi
Ini tokkebi makanan loh ya, bukan tokkebi si goblin :)
Tokkebi merupakan jajanan korea yang sudah ada juga di Indonesia, tapi kalau di Indonesia disebut dengan "Hotang" atau "Hotdog Kentang" yaitu Sosis yang dilapisi french fries kemudian digoreng.




4. Hweori Gamja ( Tornado Potato )

Tornado Potato adalah jajanan khas korea yang terbuat dari kentang yang dipotong spiral lali ditusuk dan digoreng dan memiliki beberapa variasi rasa seperti, bbq, keju dan sebagainya.





5. Bungeoppang
Bungeoppang juga banyak terdapat didalam drama - drama korea kalau yang pernah nonton The Legend of the Blue Sea pasti pernah menemukan si putri duyung memakan kue berbentuk ikan ini, terbuat dari adonan waffle yang berisi adonan kacang merah manis. bentuk ikan ini melambangkan keberuntungan.





6. Bbopki
Bbopki adalah permen tradisional korea terbuat dari karamel yang berbahan gula pasir cair dipanaskan dan ditambahkan sedikit baking soda kemudian dicetak bundar dan ditusuk bambu, mirip permen gulali di Indonesia. Pertama kali saya melihat permen ini ada disalah satu variety show korea yaitu Exo Show Time.


7. Banana Uyu 
Banana Uyu atau Banana Milk merupakan minuman susu rasa pisang yang di fermentasi sangat terkenal di Korea, minuman ini banyak disukai anak - anak sampai orang dewasa. jika kalian menonton variety show Hello Baby pasti akan melihat anak - anak meminum Banana Uyu ini, atau di Drama My Girl & I orang dewasalah yang meminumnya, kalau di drama Sassy Go Go! kalian akan melihat varian berbeda dari Banana Uyu yaitu Ttalgi Uyu / Strawberry Milk.


8. Patbingsu

Patbingsu atau patbingsoo adalah dessert khas Korea yang sangat digemari, terutama pada hari-hari musim panas yang terik. Makanan ringan ini pertama kali dikenal sebagai es serut kacang merah manis (팥, pat) yang dijual di pedagang kaki lima. Pada zaman dahulu maupun saat sekarang, patbingsu adalah makanan yang sangat digemari, dengan variasi tambahan es krim dan yogurt dingin, susu kental manis, sirup buah - buahan, buah-buahan seperti strawberry, pisang, kue beras tteok, agar - agar kenyal dan remah-remah sereal.



Itulah beberapa snack khas korea yang biasanya sering ada didalam drama korea, tapi maaf ada beberapa judul drama yang saya lupa.. hhehe :v


Terima Kasih

Komentar