ATURAN PERMAINAN FUTSAL

Dalam sebuah permainan pasti ada peraturanya, oke sekarang kami akan bahas tentang aturan futsal .

a. Waktu pertandingan
    Futsal di mainkan dalam 2 babak,setiap babak berdurasi 20 menit, waktu itu tidak termasuk saat bola mati atau pertandingan di hentikan untuk sementara karena insiden tertentu. Waktu yang habis   dapat di perpanjang jika terjadi tendangan pinalti atau tendangan bebas. diantara kedua babak terdapat waktu istirahat maksimal 15 menit.

b. Time Out
    Tiap - tiap tim berhak mendapatkan satu kali timeout setiap babaknya. lamanya timeout satu menit. timeout di ajukan oleh pelatih kepada wasit jika timnya sedang menguasai bola. jika pada babak pertama tidak mengambil jatah timeout, tim tidak berhak mendapatkan 2 timeout di babak kedua.

c. Penentuan pemenang
    Gol-gol terjadi jika keseluruhan bola melewati garis gawang diantara kedua tiang gawang dan di bawah mistar. Gol baru di anggap sah jika bola itu tidak di lempar, tidak di bawa dengan tangan atau menyentuh tangan (handball)

d. Pelanggaran
    Ada beberapa pelanggaran yang ada di futsal diantaranya pelanggaran berat dan pelanggaran ringan diantaranya :
Pelanggaran Berat :
1. Mencoba menendang dan menendang lawan dengan sengaja
2. Melompat kepada lawan
3. Menyerang lawan
4. Meludahi lawan
5. Memegang bola selain kiper dalam pertandingan.
Pelanggaran ringan terjadi di saat penjaga gawang memegang bola dari rekan setimnya tanpa terlebih dulu di sentuh lawan , dan seorang kiper hanya bisa menguasai bola detik.

e. Kartu
    Kartu kuning, secara individu seorang pemain yang melakukan pelanggaran akan di beri peringatan salah satunya pemberian kartu kuning , sedangkan kartu merah di haruskan untuk meninggalkan lapangan pertandingan dan di larang bermain lagi.

f. Tendangan hukuman
   Tendangan bebas tidak langsung, tendangan ini di berikan kepada tim lawan jika seorang pemain melakukan pelanggaran ringan, tendangan di ambil di mana terjadinya pelanggaran tersebut, jika terjadi di kotak pinalti maka pelanggaran itu di hukum dengan tendangan pinalti.


Itulah beberapa aturan yang ada di futsal..

Komentar