KULINER : MAKANAN KOREA YANG HARUS DICOBA

Hallo~ disini saya akan berbagi cerita tentang salah satu hobby saya yang terbilang mainstream untuk para pecinta musik atau drama korea. 
Bagi kalian k-popers kuliner mencicipi berbagai makanan khas negeri gingseng itu merupakan sebuah ke harusan bukan? iya pastinya, saya juga salah satu diantara kalian yang antusias setiap kali melihat beberapa makanan korea yang ada di sebuah mall ataupun booth even. haha

Kali ini saya ingin membahas beberapa makanan yang harus atau wajib kalian coba, beberapa diantaranya atau bahkan semua yang akan saya bahas disini pernah kalian jumpai di setiap drama korea ataupun variety show korea.
Yuk langsung di simak! 


1. KIMCHI

Kimchi merupakan makanan korea yang terbuat dati sayur biasanya menggunakan sawi putih yang difermentasi dengan beraneka bumbu sehingga menghasilkan rasa yang pedas, asam, asin dan sedikit manis. Karena menggunakan sayuran yang segar, kimchi termasuk jenis makanan yang sehat. Sayuran yang difermentasi akan menghasilkan bakteri lactobacillus yang baik bagi pencernaan, kadar seratnya juga tinggi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.




2. RAMYEON
Pasti kalian sering mendengar bahkan sering makan makanan khas korea satu ini. Ramyeon adalah makanan korea yang memiliki versi di jepang yaitu ramen yang merupakan mie kuah instan yang disajikan seperti mie instan pada umunya, namun ditambahkan beberapa sayuran.

3. KIMBAB
Kimbab juga merupakakan makanan yang memiliki versi lain di jepang yaitu sushi adalah nasi gulung yang di bungkus dengan menggunakan rumput laut atau Nori dan diisi dengan sayur - sayuran seperti timun, wortel, dan juga telur dadar. Rasa kimbab lebih familiar di lidah orang indonesia karena hanya degan campuran garam dan merica saja, sedangkan pada sushi memiliki rasa yang lebih asam karena menggunakan campuran cuka, gula, dan garam.




4. JAJANGMYEON
Jajangmyeon atau black noodle asal korea ini sudah tidak asing lagi karena sudah banyak yang menjualnya secara kemasan maupun disajikan di restoran. Di sebut sebagai black noodle karena disajikan dengan pasta kacang kedelai hitam dan menyantapnya dengan cara mengaduknya secara merata sehingga keseluruhannya berwarna hitam. Ada fakta unik mengenai jajangmyeon ini pada tanggal 14 April di korea merupakan hari spesial bagi para jomblowan jomblowati yang biasa di sebut " Black Day " hari hitam ini para jomlo akan memakai pakaian serba hitam dan memakan makanan berwarna hitam juga. Jadi yang merayakan black day ini wajib merasakan kegelapan makan mie jajangmyeon.


5. BULGOGI
Bulgogi adalah sajian khas koreayang terbuat dari daging sapi yang di iris tipis – tipis dan dimasak dengan cara dipanggang atau di goreng. Irisan daging sapi tersebut sebelumnya telah didiamkan dalam rendaman kecap, gula, jahe, minyak, wijen, lada, dan bawang putih agar rasanya lebih kuat dan teksurnya lebih lembut. Cara memakan Bulgogi biasanya dengan cara membungkusnya dengan daun selada bersama nasi dan lauk pauk lainnya.






6. BIBIMBAB
Bibimbab adalah nasi campur khas korea yang isinya terdiri dari berbagai macam sayuran tumis seperti timun jepang yang di potong kecil dan halus, taoge, lobak, jamur, selada, kimchi, taburan rumput laut iris atau biasa disebut gim dan di atasnya ditambah telur dan taburan biji wijen. Cara menyanapnya harus di campur rata antara nasi dan sayurannya.



7. TTEOKBOKKI
Tteokbokki atau sering disebut juga kue beras merupakan kuliner korea yang bisa di jumpai di pinggir jalan korea. Terbuat dari tepung beras dan bumbu pedas mempunyai tekstur kenyal yang menggugah selera. 






8. OMURICE
Bagi kalian yang pernah menonton K-Drama Rooftop Price pastinya tau apa itu Omurice dan bagaimana cara membuatnya, omurice merupakan makanan dari jepang yang juga populer di korea ini terbuat dari nasi putih yang digoreng bersam asaus tomat dan dibungkus oleh telur dadar goreng. Nama omurice berasal dari kata omelet dan rice.



9. YUKGAJANG
Yukgaejang merupakan masakan korea berupa sup daging sapi pedas yang bahan utamanya adalah daging sapi dan direbus dalam kaldu tulang bersama kecambah, daun bawang, cabai bubuk, bawang putih, minyak wijen, telur, garam, lada hitam dan kecap asin. Yukgaejang lebih nikmat di santap selagi panas bersama nasi putih.


10. NAENGMYEON
Yang terakhir saya akan membahas salah satu jenis mie khas korea lagi. Naengmyeon membaca namanya saya malah tertuju pada sebuah lagu korea yang berjudul naengmyeon juga, haha
Padahal naengmyeon merupakan masakan korea yang terbuat dari mie, bedanya naengmyun disajikan dalam keadaan dingin. Di korea saat musim panas makanan ini sering diburu untuk menyegarkan tubuh. Ada dua cara penyajian naengmyeon, pertama disajikan dengan berkuah yang disebut Mul Naengmyeon, dan yang kedua disajikan tanpa kuah yang disebut Bibim Naengmyeon. Selain kuahnya yang dingin naengmyeon juga memiliki chiri khas lain yakni tekstur mie nya yang cukup keras, tidak mudah memutuskannya dengan gigi sehingga harus mengguntingnya dulu sebelum menyantap.


Itulah beberapa makanan khas korea yang harus kalian coba :)

Terima Kasih

Komentar