POSISI PEMAIN FUTSAL

oke dalam artikel ini kami akan membahas apa saja sih posisi-posisi yang ada dalam permainan futsal. langsung aja bro kita bahas selengkapnya

Lima posisi umum yang ada di permainan futsal antara lain : Pivot/Target men, Top man/Striker (specialis), Midfielders/Utility Player/Winger, Last Man/Fixo/Stopper(Specialis), Attacker, dan Defenders

Di sini saya akan membahas tentang Pivot atau lebih di kenal dengan penyerang adalah pemain yang harus berusaha membuat pertahanan lawan kewalahan karena penyerang berperan sebagai ujung tombak tim saat menyerang. Sebutan Pivot juga sering di gunakan di permainan futsal di karenakan pemain ini sering kali menerima bola dalam keadaan membelakangi gawang , mencari cara untuk berputar atau melakukan gerakan 'Pivot' (poros) melewati lawan dan melepaskan tembakan ke gawang.

Yang kedua yang saya bahas adalah Flank/Midfielders/Winger adalah pemain yang menjadi motor serangan tim , tak hanya menyerang, tapi flank juga harus bisa pengubung defenders dan penyerang. Seorang flank harus mempunyai kontrol bola yang sempurna dan kecepatan yang baik , selain itu juga flank harus bisa menciptakan goal untuk tim, bahkan tak jarang flank menjadi andalan untuk mencetak goal. Tak mudah menjadi flank dalam skala futsal modern,tak hanya fasih dalam penempatan tapi seorang juga harus jeli dalam memamfaatkan peluang menjadi goal.

Yang ketiga adalah pemain bertahan atau Anchor, pemain yang berposisi sebagai Anchor harus memiliki kemampaun yang lebih untuk bisa dengan baik menerapkan taktik pelatih, Anchor punya tugas ganda sebagai pemain bertahan dan juga pengatur serangan tim. Seorang pemain Anchor bertanggungjawab untuk mengamankan daerah pertahanan sebelum penjaga gawang, Menetralisasi serangan lawan adalah tugas pertama Anchor ketika lawan menyerang, dalam hal menyerang Anchor jad pemain pertama yang memulai serangan, selain memulai Anchor juga harus kuat dalam hal penguasaan bola dan pengontol permainan.

Yang terakhir dan yang gak kalah penting adalah seorang penjaga gawang, penjaga gawang bertugas sebagai pertahanan terakhir dari sebuah tim,bila pemain bertahan gagal dalam mempertahankan daerah pertahanan di sini di butuhkan kiper yang memiliki kemampuan yang baik dalam mencegah gol ke dalam gawang.

Komentar