sejarah futsal

Futsal berasal dari bahasa spanyol yakni futbol dan sala, gabungan 2 kata itu mengandung arti sepakbola dalam ruangan. Menurut sumber informasi dari FIFA, futsal sudah di mainkan pertama kali di negara Uruguay dan di perkenalkan oleh juan carlos ceriani yang menjadi pelatih sepakbola asal argentina. Berikut ini perkembangan futsal dari tahun ke tahun :

Pada tahun 1930 permainan futsal pertama kali di perkenalkan di Uruguay dan sudah menyebar dan menarik perhatian di seluruh wilayah Amerika selatan khususnya Brazil. Salah satu bintang sepakbola Brazil, Pele mulai tertarik mengembangkan bakat futsal. Semenjak perkembangan futsal di Brazil semakin pesat dengan adanya perlindungan Federation Internationale de Football Association. 


Pada tahun 1936 di buat kesepakatan mengenai penetepan aturan main futsal dan pada tahun tersebut futsal tidak memiliki banyak perubahan seperti saat ini.

Pada tahun 1950 futsal mulai menyebar di italia dan di Amerika latin , di Italia sendiri futsal di perkenalkan pemain sepak bola dari Amerika latin yang bermain di Seri A Italia, di Italia sendiri futsal di mainkan pada saat pemain sepak bola dalam keadaan senggang.

Pada tahun 1965 diadakan kompetisi internasional futsal pertama kali dan yang menjadi juaranya adalah Paraguay.

Pada tahun 1980 dan 1984 Brazil berhasil memenangi piala pan Amerika dan diadakannya pertemuan futsal dari berbagai negara. pertemuan tersebut membahas tentang membentuk satu organisasi untuk memfasilitasi futsal seluruh dunia bernama FIFUSA (The Federacao Internationale de Futebal de Salao Federasi Futsal As).

Pada tahun 1988 even kejuaraan futsal sudah menyebar di spanyol dan tahun tersebut menjadi yang pertama kali berhasil diadakan di Eropa. Futsal semakin teratur dan terorganisir sehingga semakin maju dari segi fasilitasnya.

Pada tahun 1989 FIFA secara resmi memasukan futsal sebagai salah satu bagian atau olahraga sepakbola. Pada tahun itu juga FIFA mengambil alih semua penyelengaraan kejuaraan dunia futsal.

Itulah beberapa informasi mengenai asal muasal dan pengertian futsal serta perkembangannya dari tahun ke tahun. Saat ini perkembangan teknologi juga merambah ke olahraga ini seperti lapangan yang memakai lumput sintetis, dan perlengkapan papan skor, meskipun berbeda dengan sepakbola tetapi anda juga bisa menghasilkan keringat dan dapat kebugaran badan dengan bermain futsal.

Komentar